aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Pengertian dan Jenis Dokumen Pendukung

Pengertian dan Jenis Dokumen Pendukung

Adanya laporan keuangan menjadi salah satu komponen penting yang akan menentukan jalannya suatu perusahaan jasa maupun perusahaan dagang. 

Tak hanya laporan keuangan, komponen laporan penting lainnya yaitu dokumen sumber dan dokumen pendukung.

Berikut ini akan membahas pengertian dan jenis-jenis dari dokumen pendukung.

Pengertian 

Definisi dari dokumen pendukung yaitu salah satu bukti yang bisa memperkuat data-data yang ada didalam jenis dokumen sumber.

Dokumen pendukung berhubungan dengan hal yang mendetail mengenai transaksi yang telah dilakukan dengan pihak-pihak tertentu.

Dalam membuat sebuah laporan keuangan, hal yang penting yang harus diperhatikan adalah data-data yang digunakan untuk membuat laporan keuangan.

Jenis-Jenis

Berikut ini beberapa macam dan contoh dokumen pendukung.

Surat Order Pengiriman

Tak kadang saat melakukan pembelian akan dibuatkan cacatan pembelian. Cacatan yang dimaksud yaitu surat orderan.

Surat orderan mempunyai banyak hal yang berhubungan dengan pesanan, mulai dari jenis barang, jumlah pesanan, tanggal pemesanan, pengiriman, dan lainnya.

Laporan Pengiriman Barang

Dalam perusahaan, biasanya barang yang akan dikirim akan dibuatkan surat pengiriman barang. 

Surat tersebut berisikan jumlah barang yang akan diantar, jumlah tagihan, alamat pengiriman, dan lain sebagainya yang dibutuhkan dalam proses pengiriman barang.

Surat Muat

Surat muat yaitu surat pengantar dalam dokumen pendukung yang berasal dari perusahaan, yang menandakan bahwa pengiriman tersebut resmi dari perusahaan. 

Surat muat penting untuk perjalanan jarak jauh saat mengirim barang pesanan kepada pelanggan yang dituju.

Pita Register

Pita register dapayt digunakan saat melakukan proses pengiriman atau penjualan barang, untuk melakukan penandaan yang dapat digunakan sebagai dokumen pendukung dari sebuah transaksi baik masuk atau keluar.

Faktur Pemasok

Faktur pemasok merupakan dokumen pendukung didalam arti faktur menjelaskan bahwa transaksi yang dilakukan berasal pihak yang jelas. 

Pihak pengirim membawa bukti sebagai pemasok barang tertentu yang biasa diperdagangkan di toko atau perusahaan tersebut.

Daftar Gaji

Daftar gaji merupakan jumlah gaji yang wajib dikeluarkan oleh perusahaan. Umumnya perusahaan melakukan pencatatan atas pemberian gaji kepada karyawan. 

Melalui pencatatan daftar gaji nantinya akan terlihat, perusahaan apakah masih memiliki utang gaji atau tidak.

Standar Operasional Pengiriman

Umumnya didalam perusahaan, untuk mendukung dan mempertahankan performa suatu perusahaan, biasanya menetapkan aturan yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan aktivitas yang berkaitan dengan perusahaan. 

Ketika mendukung dan mempertahankan performa suatu perusahaan, nantinya menerapkan sebuah aturan yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan aktivitas yang behubungan dengan perusahaan. 

Aktivitas ini mecakup banyak hal seperti pengemasan hingga sampai di tangan konsumen.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar