aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Cabang Ilmu Zoologi Beserta Penjelasannya

Cabang Ilmu Zoologi Beserta Penjelasannya

Istilah zoologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu zoion, artinya hewan dan logos, artinya studi tentang.

Defenisi zoologi yaitu salah satu ilmu yang mempelajari tentang hewan, seperti perkembangan embrio, evolusi, perilaku, distribusi ekologi, dan klasifikasi hewan.

Ilmu zoologi juga mempunyai beberapa cabang ilmu yang wajib diketahui sebagai berikut.

Malakologi

Makologi yaitu sebutan untuk cabang zoologi yang mempelajari tentang semua aspek kehidupan hewan moluska. Contohnya membahas seperti pengetahuan dasar, bidang budidaya dan terapan.

Nematologi

Nematologi merupakan sebutan untuk cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai cacing giling atau nematoda.

Cacing giling atau nematoda yaitu kelompok dari invertebrata dengan beberapa bagian dari anggotanya sebagai parasit yang penting pada bidang ilmu pertanian, kesehatan dan kedokteran.

Iktiologi

Iktiologi yaitu sebutan untuk cabang ilmu zoologi yang mempelajari mengenai kehidupan ikan. Namun, untuk iktiologi memfokuskan pada budidaya dan bidang patologi. 

Pada penetapan cabang dari ilmu iktiologi berkaitan dengan biologi kelautan, oseanografi, dan limnologi.

Herpetologi

Herpetologi yaitu cabang ilmu zoologi yang mempelajari tentang kehidupan amphibia dan reptilia. Objek kajian yang digunakan yaitu jenis hewan berdarah dingin dan berkaki empat. 

Herpetologi semakin banyak yang dipelajari sebabkan banyak reptil saat ini menjadi binatang peliharaan. Dibalik itu, ada kedua kelompok hewan tersebut yang bisa menghasilkan racun guna dimanfaatkan sebagai bahan utama pada penyakit stroke dan penyakit jantung.

Entomologi

Entomologi yaitu cabang ilmu yang berhubungan dengan serangga, dengan arti lain adalah sebuah cabang ilmu yang berhubungan dengan arthropoda. Contoh seperti luwing, laba-laba dan sejenisnya.

Ornitologi

Ornitologi yaitu cabang ilmu dari zoologi yang mempelajari mengenai seluruh aspek dari burung. 

Namun, ornitologi lebih memfokuskan pada kemampuan melihat lebih tinggi serta proses pendekatan dari burung secara estetis.

Paleozoologi

Paleozoologi merupakan cabang ilmu yang digunakan untuk mempelajari tentang menemukan dan mengidentifikasi jenis fosil yang berasal dari hewan dengan sel banyak. 

Nantinya fosil tersebut akan digunakan untuk rekonstruksi lingkungan dan ekologi prasejarah.

Primatologi

Primatologi yaitu cabang dari ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dari primata selain manusia. Contoh seperti kera, monyet dan sejenisnya.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar