aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

6 Teknik Dasar dalam Olahraga Berkuda

Teknik Dasar dalam Olahraga Berkuda

Teknik merupakan sebuah rangkaian cara yang dijadikan pedoman agar gerakan lebih mudah dipraktikkan dan mendapatkan hasil yang sempurna.

Pada cabang-cabang olahraga pasti memiliki teknik yang dimulai dari tahapan paling mendasar. Seperti halnya dalam olahraga Berkuda.

Berikut ini teknik-tenik dasar dalam olahraga Berkuda beserta penjelasannya.


Duduk dengan Benar

Agar penunggang dan kuda yang ditunggangi terasa nyaman, berat badan penunggang pusatkan di atas punggung kuda.

Menggerakkan kuda

Kuda dapat digerakkan menggunakan betis, dan dapat diberhentikan dengan menarik tali kekang.

Lunging / Longer

Longer/lunging merupakan teknik berlatih berputar mengelilingi pelatih yang membantu dalam mengendalikan kuda menggunakan tali panjang dengan ukuran kurang lebih 7 meter, yang dihubungkan ke bagian mulut kuda.

Walk

Walk merupakan salah satu teknik dasar dalam menunggang kuda. Walk sendiri merupakan gaya berjalan kuda yang paling lambat. Penunggang dasar di wajibkan menguasai teknik walk (berjalan).

Trot

Trot merupakan teknik berlari kecil yang lebih cepat dari walk. Kesulitan dalam teknik trot yaitu penunggang diharuskan menggerakkan badan dan menyesuaikan dengan gerakan kuda.

Canter

Canter merupakan teknik berjalan yang paling cepat. Hampir sama seperti trot, teknik ini mengharuskan penunggang menggerakkan badan sambil menyesuaikan dengan gerakan kuda. Kesulitan dalam teknik canter yaitu penunggang harus dapat menyeimbangkan badan pada saat kuda berlari dalam kecepatan tinggi.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar