aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Berkuda

Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Berkuda

Kegiatan berolahraga tidak cukup hanya mengandalkan kesiapan fisik saja, namun harus didukung dengan prasarana dan sarana yang memungkinkan olahraga tersebut dapat dilaksanakan dengan baik.

Pada setiap cabang olahraga memang secara khusus mempunyai prasarana dan sarana tersendiri. Demikian juga dalam cabang olahraga berkuda. 

Berikut ini sarana prasarana dalam olahraga berkuda beserta dengan penjelasannya.

Lapangan Pacuan

Lapangan pacuan memiliki panjang lintasan arena pacuan kuda minimal 150 m dan maksimal 1200 m. Kemudian, luas pacuan standar internasional adalah 90 x 35 meter, dengan berlaskan pasir atau rumput.


Pelana (Saddle)

Pelana merupakan alat untuk dipakai penunggang kuda yang dikaitkan ke punggung kuda. Gunakan pelana dengan ukuran yang pas, seban berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan saat menunggangi kuda.


Tali Kekang (Horse Riding Rein)

Tali kekang merupakan perlengkapan yang digunakan untuk mengarahkan kuda. Berbentuk tali panjang dan biasanya terbuat dari kulit, nilon, logam, atau bahan lain. 

Penunggang dapat memberi perintah atau isyarat halus saat ingin berbelok, menambah kecepatan, atau menghentikan laju kuda menggunakan tali kekang.


Alas Pelana (Saddle Pad)

Alas pelana merupakan tepat duduk penunggang yang diletakkan di antara punggung kuda dan pelana. Fungsinya utamanya adalah untuk melindungi dari gesekan antara pelana dan kuda.

Alas pelana pada bagian luarnya terbuat dari campuran kain yang tahan lama dan bisa dicuci. Contohnya, kapas dengan serat polyester yang dilapisi selimut tipis dari lapisan poli.


Sanggurdi (Stirrup)

Merupakan perlengkapan yang digunakan untuk pijakan kaki saat menunggangi kuda. Berfungsi untuk membantu penunggang untuk naik ke punggung kuda, sebagai pijakan saat menunggangi kuda, dan agar penunggang bisa mempertahankan posisinya di atas kuda.


Tali Perut (Girth)

Tali perut merupakan tali lebar yang mengelilingi perut kuda dan terbuat dari bahan anyaman, kulit, atau kapas. Berfungsi untuk mengamankan pelana di punggung kuda agar tidak tergelincir.


Cambuk (Horse Whip)

Cambuk merupakan peralatan digunakan oleh penunggang/joki dalam perlombaan berkuda. Fungsi utamanya untuk membuat kuda berlari lebih cepat dan mempertahankan kecepatan saat jalannya perlombaan.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar