aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

21+ Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Kata demokrasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu demos dan kratos. Demos memiliki arti rakyat. Sedangkan kratos sendiri mempunyai arti pemerintahan.

Sehingga, secara sederhana demokrasi merupakan pemerintahan dari rakyat.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian demokrasi menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Abraham Lincoln

Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

2. H. Harris Soche

Menjelaskan bahwa demokrasi adalah bentuk pemerintahan rakyat. Hal ini berarti rakyat sebagai pemegang kekuasaan dalam pemerintahan.

3. Joseph A. Schmeter

Menurutnya demokrasi adalah perencanaan institusional untuk mencapai keputusan politik dimana individu mendapatkan kekuasaan untuk memutuskan cara perjuangan yang kompetitif atas nama rakyat.

4. Hans Kelsen

Mengungkapkan bahwa demokrasi merupakan sistem pemerintahan dari rakyat dan untuk rakyat.

5. Munir Fuady

Mengartikan demokrasi sebagai sistem pemerintahan suatu negara dimana warga negara mempunyai hak, kewajiban, kedudukan dan kekuasaan yang baik dalam menjalankan kehidupannya ataupun dalam berpartisipasi terhadap kekuasaan negara, dimana rakyat berhak untuk ikut serta dalam menjalankan negara atau mengawasi jalannya pemerintahan.

6. Aristoteles

Pengertian demokrasi menurut Aristoteles adalah komunitas dari orang-orang bebas, yaitu orang-orang yang mampu mengambil jarak dari dunia, mempertimbangkan secara rasional keputusannya dan tindakannya.

7. C. F. Strong

Mendefinisikan demokrasi sebagai sistem pemerintahan yang mana mayoritas anggota dewasa dari masyarakat yang ikut serta dalam politik atas dasar sistem perwakilan.

8. Charles Costello

Charles Costello berpendapat bahwa demokrasi merupakan sistem sosial dan politik pemerintahan diri dengan kekuasaan pemerintahan yang dibatasi hukum dan juga kebiasaan untuk melindungi hak-hak perorangan setiap warga negara.

9. Hannry B. Mayo

Pengertian demokrasi adalah kebijaksanaan umum yang ditetapkan atas dasar mayoritas wakil-wakil yang secara efektif diawasi oleh rakyat melalui pemilihan yang dilakukan berlandasakan prinsip persamaan dan dilaksanakan dalam suasana kebebasan berpolitik.

10. Sidney Hook

Definisi demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan dimana keputusan negara yang penting baik secara langsung maupun tidak langsung dilandaskan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa

11. John Locke

Pengertian demokrasi menurut John Locke adalah suatu bentuk negara dimana rakyat memegang kekuasaan perundang-undangan.

12. Samuel Huntington

Menyebutkan bahwa demokrasi bisa terjadi jika para pembuat keputusan kolektif yang paling kuat dipilih melalui pemilihan umum yang adil , jujur dan juga berkala dalam sistem tersebut para calon bebas bersaing untuk mendapatkan suara dan hampir semua penduduk dewasa bisa memberikan suara.

13. John L. Esposito

Menjelaskan bahwa demokrasi merupakan kekuasaan dari dan untuk rakyat.

14. Yusuf Al Qordhawi

Menurutnya demokrasi merupakan sistem pemerintahan dimana warga negara bisa menunjuk seseorang untuk mengurus dan mengatur segala urusan mereka dalam satu wadah.

15. Abdul Ghani Ar Rahlal

Mengungkapkan bahwa demokrasi adalah kekuasaan rakyat oleh rakyat.

16. Affan Gaffar

Pengertian demokrasi menurut Affan Gaffar mempunyai dua arti.
1. Demokrasi ideal diwujudkan oleh negara yang disebut sebagai demokrasi normatif
2. Demokrasi yang terwujud dalam dunia politik disebut demokrasi empirik

17. Sumarno AP & Yeni R. Lukiswara

Mengartikan demokrasi sebagai pemerintah oleh rakyat.

18. Ranny

Mendefinisikan demokrasi sebagai bentuk pemerintahan dimana penataan serta pengorganisasiannya dilakukan berdasarkan pada prinsip kedaulatan rakyat, kesamaan politik, dialog dengan masyarakat dan aturan mayoritas.

19. Philippe C. Schmitter

Mengartikan demokrasi sebagai teori menyatakan bahwa suatu negara agar tanggap terhadap kebutuhan ataupun kepentingan warga negara.

20. Wikipedia

Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan yang mana semua harga mempunyai hak setara dalam proses pengambilan keputusan yang bisa mengubah hidup mereka.

21. International Commission of Jurist

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana hak mengambil keputusan politik diselanggarakan oleh warga negara melalui wakil-wakil rakyat yang telah dipilih oleh mereka dan yang bertanggungjawab kepada mereka melalui suatu proses pemilihan yang bebas.

22. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian demokrasi menurut KBBI adalah (bentuk atau sistem) pemerintahan yang seluruh rakyatnya turut serta memerintah dengan perantaraan wakilnya. Atau bisa juga disebut sebagai gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi semua warga negara.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar