aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Nilai Moral dalam Tradisi Ruwahan Massal

Nilai Moral Tradisi Ruwahan Massal

Ruwahan massal adalah salah satu tradisi yang masih lestari hingga saat ini. Acara ini dilaksanakan pada bulan Sya'ban untuk mendoakan para leluhur yang sudah meninggal.

Tata cara tradisi ruwahan massal dibeberapa daerah mungkin berbeda, tetapi intinya adalah sama.

Mendoakan orang yang telah tiada.

Tradisi ini sangat bagus untuk dilakukan dan mengandung nilai moral yang baik.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai nilai moral pada tradisi ruwahan.

Mari kita mulai...

Nilai Moral yang berkaitan dengan Allah

Tahlil

Tahlil adalah bacaan kalimat tauhid dengan disertai bacaan-bacaan tertentu yang mengandung fadhilah dan pahala bacaannya disampaikan kepada orang yang sudah meninggal.

Bacaan tahlil dalam artian yang menyeluruh bagi masyarakat Muslim Indonesia sudah tidak asing lagi. Mereka sering mengamalkannya dalam segala acara terutama selamatan. Yang jelas tahlil tidak hanya membaca lailahaillallah melainkan meliputi bacaan-bacaan tertentu sebagaimana yang telah dipraktekkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. 

Aktivitas tahlilan bisa menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Nilai Moral yang berkaitan dengan Sesama Manusia

Hormat Kepada Orang Tua

Salah satu amal yang terus sampai meskipun orang tua sudah meninggal adalah doa anak saleh. Hal ini bisa kita lakukan di acara ruwahan massal. Mengirim doa dalam acara ruwahan adalah salah satu bukti atau cara kita dalam menghormati orang tua yang telah melahirkan dan membesarkan.

Merekatkan Persaudaraan

Kekompakan sesama masyarakat akan tercipta ketika ruwahan berlangsung. Saling membantu atau mengunjungi rumah merupakan salah satu wujud persaudaraan yang harus dilakukan oleh masyarakat agar tercipta hubungan yang harmonis.

Musyawarah

Sebelum pelaksanaan ruwahan, para pemangku kepentingan melakukan musyawarah untuk menentukan bagaimana dan kapan acara tersebut dilakukan. Hal ini merupakan bentuk pelestarian sikap adil dan dan baik yang harus terus dilakukan. Musyawarah juga menjadi media untuk berkomunikasi sesama masyarakat.

Nilai Moral yang berkaitan dengan Diri Sendiri

Meningkatkan Iman

Kaitannya dengan diri sendiri, tradisi ruwahan adalah salah satu jalan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Melalui bacaan-bacaan tahlil dan kegiatan yang semakin menguatkan iman.

Bersedekah

Hal ini sudah pasti akan dilakukan oleh semua masyarakat yang berpartisipasi dalam acara ruwahan.

Bersedekah menjadi jalan untuk menurunkan kecintaan pada hal duniawi dan meningkatkan persiapan kepada kehidupan akhirat. Selain itu, dengan bersedekah juga menumbuhkan kesadaran bahwa tolong-menolong harus dilakukan oleh sesama manusia, karena tidak bisa hidup sendirian.

Tanggung Jawab

Kaitannya dengan tanggung jawab, hidup dimasyarakat tidak boleh seenaknya sendiri. Terdapat tradisi seperti ruwahan ini yang harus tetap lestari. Oleh karena itu dengan ikut serta dalam tradisi ruwahan, tanggung jawab terhadap tradisi yang sudah lama dan turun temurun sudah dilakukan.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar