aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

15 Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli

Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian partai politik menurut para ahli dibawah ini dapat memberikan penjelasan bagi kita untuk mengetahui arti dari partai politik.

Istilah partai politik memang sudah tidak asing di telinga kita, apalagi pada saat menjelang pemilihan umum. Semua partai politik menjalankan kampanye untuk menarik simpati masyarakat.

Tapi apakah kamu tahu definisi partai politik itu sendiri?

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian partai politik menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Miriam Budiarjo

Pengertian partai politik menurut Miriam Budiarjo adalah suatu kelompok yang terorganisir dan para anggotanya mempunyai orientasi, nilai dan cita-cita yang sama.

Tujuan dari kelompok ini adalah mendapatkan kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik, biasanya dengan cara konstitusional, untuk menjalankan kebijaksanaan mereka.

2. H. Soltou

Arti partai politik adalah sekelompok warga negara yang sedikit banyaknya terorganisir, yang bertindak sebagai satu kesatuan politik, yang dengan manfaatkan kekuasaan memilih, bertujuan menguasai pemerintah dan juga menjalankan kebijakan umum mereka.

3. Carl J. Friedrich

Menjelaskan bahwa partai politik merupakan sekelompok manusia yang terorganisir secara stabil dan mempunyai tujuan untuk merebut atau mempertahankan penguasaan terhadap pemerintahan bagi pimpinan partainya dan berdasarkan penguasaan ini, memberikan kepada anggota partainya kemanfaatan yang bersifat idiil serta materiil.

4. Mac Iver

Mengungkapkan bahwa partai politik merupakan suatu perkumpulan yang terorganisir untuk bisa mendukung suatu prinsip atau kebijaksanaan politik yang diusahakan melalui cara yang sesuai dengan konstitusi.

5. Sigmund Neumann

Pengertian partai politik menurut Sigmund Neumann adalah suatu organisasi dari kegiatan politik yang berusaha menguasai kekuasaan pemerintah serta merebut dukungan rakyat atas dasar persaingan dengan suatu golongan yang memiliki pandangan berbeda.

6. Edmund Burke

Definisi partai politik merupakan satu kesatuan struktur organisasi yang mempunyai tujuan menyebarluaskan usaha yang telah menjadi kesepakatan mereka untuk kepentingan nasional.

7. Maurice Duverger (1951)

Menurutnya partai politik bukanlah komunitas, tetapi kumpulan dari komunitas, didalam tubuh partai politik hadir berbagai kelompok kecil masyarakat yang menyebar ke berbagai pelosok suatu negara dalam bentuk kaukus, cabang partai atau asosiasi lokal pendukung partai.

8. Ramlan Surbakti (1992:116)

Mendefinisikan partai politik sebagai sekelompok orang yang terorganisir secara rapi yang dipersatukan oleh persamaan ideologi yang mempunyai tujuan untuk mencari dan mempertahankan kekuasaan dalam pemilihan umum guna menjalankan alternatif kebijakan yang sudah disusun.

9. Giovanni Sartoni

Pengertian partai politik menurut Giovanni Sartoni adalah kelompok politik yang ikut dalam pemilu dan melalui pemilu tersebut mampu menempatkan calon-calon untuk menduduki jabatan publik.

10. Robert K. Carr

Mengartikan partai politik sebagai suatu organisasi yang berusaha untuk mencapai dan memelihara pengawasan terhadap pemerintah yang sah.

11. Ware (1996:5)

Menuturkan bahwa partai politik adalah suatu lembaga yang mempengaruhi negara dengan cara menguasai jabatan-jabatan strategis di pemerintahan. Partai politik merupakan lembaga yang menghantarkan rakyat pada tujuan kekuasaan dalam negara.

12. Firmanzah (2008:66)

Berpendapat bahwa partai politik adalah organisasi publik yang memiliki tujuan untuk membentuk opini masyarakat dan membawa pimpinannya berkuasa dan memungkinkan para pendukung untuk mendapatkan keuntungan.

13. Ranney dan Kendal (1956)

Menjelaskan partai politik sebagai kelompok masyarakat yang mempunyai tingkat ekonomi tinggi untuk mencalonkan dan terlibat dalam pemilu dengan harapan memperoleh serta menjalankan  kentrol atas birokrasi dan kebijakan publik

14. Undang-undang Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik

Pasal 1 ayat (1) menjelaskan bahwa partai politik adalah organisasi yang bersifat nasional dan dibentuk oleh sekelompok warga negara Indonesia secara sukarela atas dasar kesamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota partai politik, masyarakat, bangsa dan negara, serta memelihara keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

15. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian partai politik menurut KBBI adalah perkumpulan yang didirikan untuk mewujudkan ideologi politik tertentu.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar