aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

10 Pengertian Distribusi Menurut Para Ahli

Pengertian Distribusi, Distribusi

Distribusi menjadi salah satu aktivitas yang sangat penting dalam kegiatan perekonomian, karena menyalurkan produk dari produsen ke konsumen.

Tanpa adanya distribusi produk yang dihasilkan oleh produsen tidak akan dapat dinikmati oleh konsumen, sehingga akan mengakibatkan produk sia-sia dan konsumen tidak dapat memenuhi kebutuhan.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian distribusi menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Soekartawi

Menjelaskan bahwa distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang dan jasa supaya dapat sampai ke konsumen akhir

2. Oentoro (2010)

Distribusi adalah aktivitas pemasaran yang berusaha memperlancar dan juga memudahkan produk dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan jenis, jumlah, harga, tempat dan saat dibutuhkan.

3. Stanton (1996)

Mengartikan distribusi sebagai sekelompok lembaga yang menjalankan keseluruhan fungsi untuk mengalihkan produk disertai hak miliknya dari fungsi lingkungan konsumsi.

4. Assauri (2004:83)

Menurutnya distribusi adalah aktivitas memindahkan produk dari produsen ke konsumen akhir dengan saluran distribusi di waktu yang tepat.

5. Gugup Kismono (2001:364)

Arti distribusi merupakan perpindahan barang dan jasa dari produsen ke pemakai industri dan juga konsumen.

6. Basu Swastha

Definisi distribusi adalah saluran pemasaran yang digunakan oleh produsen untuk mengirim produknya ke industri atau konsumen.

7. Kotler dan Amtrong (2000)

Berpendapat bahwa distribusi merupakan kegiatan perusahaan supaya produknya mudah didapatkan oleh konsumen sasarannya.

8. C. Glenn Walters (2002:295)

Mengemukakan bahwa distribusi adalah sekelompok pedagang dan juga agen perusahaan yang mengkombinasikan antara pemindahan fisik dan nama dari 1 produk untuk membuat penggunaan pasar tertentu.

9. Charles A. Taff (1998:87)

Mendefinisikan distribusi sebagai aktivitas yang terlibat dalam pengadaan dan penggunaan bahan yang digunakan untuk memproduksi barang jadi, aktivitas ini mencakup pengendalian produksi dan penanganan bahan dan juga penerimaan.

10. Keegan (2003:136)

Menuturkan arti distribusi yaitu suatu sistem yang menghubungkan manufaktur kepada pelanggan, saluran konsumen di desain untuk menempatkan produk ditangan orang-orang supaya digunakan sendiri. Di sisi lain, saluran barang industri menyampaikan produk ke perusahaan yang menggunakan produk tersebut dalam proses produksi atau dalam kegiatan operasional sehari-hari.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar