aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

12 Pengertian Analisis Jabatan Menurut Para Ahli

Pengertian Analisis Jabatan

Analisis jabatan merupakan kegiatan yang cukup penting dilakukan oleh perusahaan atau organisasi kaitannya dengan manajemen sumber daya manusia.

Hal tersebut berguna untuk mengumpulkan informasi tentang suatu posisi jabatan dan menganalisisnya untuk tujuan perusahaan yang lebih baik.

Apa yang dimaksud dengan analisis jabatan?

Menurut KBBI, analisis jabatan adalah penyelidikan tentang kemampuan dan kepribadian seseorang dalam hubungan dengan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

Jika masih bingung, artikel ini akan membantu kamu dalam memahami definisi analisis jabatan.

Mari kita mulai...

1. Drs. Moekijat

Pengertian analisis jabatan menurut Drs. Moekijat adalah hal yang penting dalam manajemen kepegawaian karena hasilnya bisa digunakan hampir dalam semua program kepegawaian.

2. Serdamayanti

Analisis jabatan diartikan sebagai suatu cara sistematis yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang pekerjaan dan kebutuhan tenaga manusia, beserta konteks pekerjaan yang dikerjakan.

3. Schuler

Menyatakan bahwa analisis jabatan merupakan proses penguraian dan pencatatan pekerjaan.

4. Dessler

Mendefinisikan analisis jabatan sebagai prosedur yang dilakukan untuk menetapkan tugas dari jabatan, serta spesifikasi sumber daya manusia yang tepat untuk menempati jabatan tersebut.

5. French

Menjelaskan bahwa analisis jabatan merupakan penyelidikan sistematis tentang isi pekerjaan, lingkungan fisik yang meliputi pekerjaan, dan kualifikasi yang dibutuhkan guna menjalankan tanggung jawab pekerjaan.

6. Flippo

Pengertian analisis jabatan menurut Flippo adalah proses mempelajari dan mengumpulkan suatu informasi yang berhubungan dengan operasi dan tanggung jawab pada pekerjaan tertentu.

7. Mathis & Jakson

Analisis jabatan adalah cara sistematik untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi mengenai isi dan personal yang dipersyaratkan dalam jabatan, dan dalam hubungannya dengan prestasi jabatan.

8. Noe, R.A., Hollenbeck, J.R., Gerhart, & P.M Wright

Arti analisis jabatan adalah prosedur yang dikerjakan untuk memperoleh informasi secara rinci tentang suatu jabatan.

9. Drs. M. Manullang

Menurutnya analisis jabatan adalah proses membuat uraian sedemikian rupa, sehingga dari uraian tersebut bisa memperoleh keterangan yang dibutuhkan untuk menilai kebutuhan akan jabatan tersebut.

10. Luis R., Gomez & Meija, Balkin, D., & Candy, Robert L.

Definisi analisis jabatan adalah prosedur pengumpulan data yang sistematis tentang jabatan dalam organisasi, secara khusus tentang tugas dan tanggung jawab dari jabatan itu.

11. Prof. Dr. Komaruddin

Mengartikan analisis jabatan sebagai proses untuk memperoleh segenap fakta jabatan yang berhubungan.

12. Wirawan

Analisis jabatan yaitu kegiatan mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan jabatan secara sistematis dan teratur.

Semoga bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar