aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Public Relation: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Tugas, Syarat dan Gaji

Pengertian Public Relation, Tujuan Public Relation, Fungsi Public Relation, Tugas Public Relation, Syarat Public Relation dan Gaji Public Relation
Public relation merupakan salah satu profesi yang membutuhkan kemampuan komunikasi berkaitan dengan masyarakat.

Melakukan sosialisasi kepada publik tentang suatu lembaga atau perusahaan merupakan salah satu tugas dari publik relation yang berguna untuk mendapatkan citra yang baik dari masyarakat.

Jika citra suatu perusahaan buruk maka akan kesulitan dalam melakukan pemasaran dan mendapatkan pelanggan.

Pada artikel kali ini akan dibahas tuntas tentang public relation.

Mari kita mulai...

Pengertian Public Relation

Sebelum membahas lebih dalam mengenai public relation, alangkah baiknya kita memahami arti dari sebuah topik pembahasan, supaya kita bisa lebih mudah paham.

Berikut adalah pengertian public relation menurut para ahli:
1. J.C Seidel
Pengertian public relation menurut J.C Seidel adalah suatu proses yang berkelanjutan dari usaha manajemen untuk mendapatkan goodwill dan pengertian dari konsumen, pegawai dan masyarakat atau publik yang lebih luas.

Melakukan analisis dan perbaikan diri sendiri untuk kedalam dan memberikan penyatakan-pernyataan untuk keluar.

2. Frank Jefkins
Definisi public relation adalah segala bentuk komunikasi yang terencana, baik kedalam maupun keluar, antara satu organisasi dengan khalayak dalam rangka mencapai tujuan spesifik yang didasarkan saling pengertian.

3. Edward L. Berney
Menjelaskan bahwa publick relation adalah kegiatan membujuk publik untuk mempunyai pengertian yang mendukung dan mempunyai niat baik.

4. Dr. Rex Harlow
Mengartikan public relation sebagai suatu fungsi manajemen yang mempunyai ciri khusus alam mendukung pembinaan, memelihara jalur bersama antara organisasi dengan publiknya, menyakut segala aktivitas komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerjasama.

Selain itu juga berurusan dalam melibatkan manajamen untuk menghadapu permasalhan, membantu manajemen untuk memanfaatkan dan mengikuti perubahan secara efektif, bertindak sebagai sistem peringatan dini dalam mengantisipasi kecenderungan penggunaan penelitian serta metode komunikasi yang etis dan sehat sebagai sarana utama.

5. Edy Syahputra Sitepu
Mendefinisikan publik relation sebagai sebuah makna sederhana dalam hubungan antara kelompok dalam suatu tatanan masyarkat

6. Coulsin Thomas
Mengungkapkan bahwa publik relation adalah usaha terencana dan terus menurut serta disengaja dalam membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya.

7. Anthony Davis
Menurutnya public relation adalah manajemen komunikasi antara organisasi dengan publiknya.

8. Maria Assumpta Rumanti
Public relation adalah aktivitas yang melewati 4 tahap:
  1. Penelitian yang diawali dengan penemuan, analisis dan pengolahan data.
  2. Perencanaan yang direncanakan
  3. Melaksanakan tindakan yang tepat
  4. Melakukan evaluasi

Tujuan Public Relation

Hal utama yang menjadi tujuan public relation adalah mempengaruhi perilaku individu maupun kelompok saat saling berhubungan, melalui dialog dengan semua golongan, dimana sikap, persepsi dan opini sangat penting terhadap kesuksesan perusahaan.

Selain itu, tujuan public relation yang lain adalah sebagai berikut:
  • Menumbuhkan dan mengembankan citra perusahaan yang positif untuk masyarakat umum
  • Mendorong pengertian antara publik dengan target perusahaan
  • Mengembangkan kegiatan fungsi pemasaran dengan publik relation
  • Memelihara dan membentuk saling pengertian
  • Menjaga dan membentuk saling percaya
  • Memelihara dan mencipatkan kerjasama
  • Memberikan dan menerima informasi kepada publik
  • Mewujudkan kerjasama yang baik dengan publik
  • membuat kesepakatan dengen suatu lembaga
  • Meningkatkan bobot kualitas calon pegawi
  • Memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat las dan membuka pasar-pasar baru
  • Meyakinkan publik bahwa perusahaan mampu bertahan dan bangkit setelah krisis ekonomi terjadi.
  • Mencipatakan identitas perusahanan
Menurut Danandjaja, tujuan public relation dibagi menurut kegiatannya, yaitu:
1. Internal public relation
  • Mengadakan penilain tingkah laku dan opini publik terhadap perusahaan
  • Mengadakan analisa dan perbaikan kebijakan yang tengah dijalankan
  • Memberikan penerangan kepada publik karyawan mengenai suatu kebijaksanaan perusahaan yang mempunyai sifat objektif serta menyangkut aktivitas rutin perusahanan, selain itu juga menjelaskan perkembangan perusahanan
  • Melakuakan rencana penyusunan suatu staf yang efektif dan efisien bagi penugasan yang bersifat internal.
2. Eksternal public relation
  • Mendapatkan dukungan dari publik
  • Menyelenggarakan komunikasi efektif yang mempunyai sifat imformatif dan persuasif.

Fungsi Public Relation

  • Bisa memperoleh kepercayaan, itikad baik, saling adanya pengertian dan citra yang baik dari masyarakat
  • Menjunjung aktivitas utama dalam mencapai tujuan
  • Memiliki sasaran yang bisa menciptakan pendapat masyarakat dan menguntungkan semua pihak
  • Melayani keinginan publik dan memberikan sumbangan saran kepada pemimpin manajemen demi manfaat dan tujuan bersama
  • Bisa mencapai tujuan yang diinginkan karena penting bagi perusahaan untuk mempunyai warna, citra, rasa, budaya dan suasana yang baik untuk meningkakan produktivitas serta kenyamanan karyawan dalam bekerja
  • Mencipatakan komunikasi dua arah dengan memberikan informasi dari publik kepada organisasi dan meyampaikan opini organisasi kepada publik
  • Menciptakan hubungan harmonis diantara perushaan dengan publik

Tugas Public Relation

Dahulu tugas public relation sering disepelekan dan bahkan dirangkap dengan jabatan lain. Seiring dengan naiknya tingkat persaingan perusahaan, peran public relation tidak bisa dipandangan sebelah mata.

Sekarang ini tugas public relation semakin kompleks karena tidak hanya berperan dalam membentuk citra perusahaan tetapi juga harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dan pandai bergaul dengan publik.

Sehingga akan menciptakan kelancaran dalam penyampaian informasi dari lembaga kepada masyarakat eksternal dan internal secara aktual dan faktual mengenai kebijakan yang dibuat oleh organisasi.

Menurut Collin Coulson-Thomas, tugas pokok dari public relation adalah:
1. Mengevaluasi kekuatan dan kelemahan perusahaan
2. Memberikan nasihat kepada semua tingkatan manajemen
3. Menjadi ahli depositor, oleh sebab itu harus mengetahui semua aspek komunikasi perushaan
4. Membuat hubungan dengan para pengambil keputusan eksternal yang penting dan berhubungan juga dengan para pencetus ide dan sumber informasi yang lain
5. Memastikan arus informasi yang eketif
6. Membentuk komisi riset untuk proyek tertentu
7. Mengevaluasi masalah dan kegiatan public relation
8. Memanajemen kegiatan delegasi perusahaan
9. Turut membantu bagian lain dengan menganalisi masalah-masalah komuniasi, menulis dan menerbitkannya, memberikan keterangan baik dalam bentuk audio maupun visual dan dengan sarana pendukung lain serta bekerjasama untuk menanggulangi berbagai masalah yang telah ditentukan
10. Memastikan seluruh aktivitas perusahaan tidak berpotensi mnecermarkan nama baik perusahaan.

Syarat Public Relation

Menjadi seorang public relation tidak bisa sembarangan orang karena cukup membutuhkan kemampuan khusus. Terlebih lagi, public relation merupakan cerminan kecil dari suatu perusahaan.

Syarat untuk menjadi seorang public relation adalah sebagai berikut:
  1. Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik
  2. mempunyai kemampuan mengorganisasikan
  3. Mempunyai kemampuan bergaul
  4. Memiliki kepribadian yang jujur
  5. Memiliki imajinasi yang kuat

Gaji Public Relation

Di kutip dari Indeed, rata-rata gaji public relation di Indonesia sekitar Rp4.638.415. Data tersebut didasarkan pada 331 orang yang bekerja sebagai public relation.

Semoga bermanfaat!

Oiya bagi kamu yang ingin mengikuti kuis artikel ini, silahkan klik tombol dibawah, gratis!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar