aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

14 Pengertian Komunikasi Massa Menurut Para Ahli

Pengertian Komunikasi Massa, Komunikasi Massa
Komunikasi massa merupakan salah satu bentuk komunikasi yang digunakan untuk menyapaikan pesan dan maksud kepada orang lain. Supaya orang lain tersebut bisa tahu tentang berita atau kabar yang telah disampaikan.

Semakin berkembangnya media sosial yang sudah menjadi kebutuhan manusia ketika waktu luang, komunikasi massa menjadi semakin mudah dilakukan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Komunikasi massa adalah penyebaran informasi yang dilakukan oleh suatu kelompok sosial tertentu kepada pendengar atau khalayak yang heterogen serta tersebar di mana-mana

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian komunikasi massa menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Brittner

Pengertian komunikasi massa menurut Brittner adalah suatu pesan yang dikomunikasikan lewat media massa pada jumlah orang yang banyak.

2. Jalaludin Rakhmat

Menyatakan bahwa pengertian komunikasi massa adalah suatu jenis komunikasi yang ditujukan kepada khalayak, heterogen dan menimbulkan media elektronik sehingga pesan yang sama bisa diartikan serempak dan sesaat.

3. Tan dan Wright

Mendefinisikan komunikasi massa sebagai suatu bentuk komunikasi yang menggunakan sarana atau media dalam menghubungkan komunikator dan komunikasi secara massal, jumlah yang banyak, tempat tinggal yang jauh, heterogen dan memicu efek tertentu.

4. Gerbner

Pengertian komunikasi massa menurut Gerbner adalah  produksi dan distribusi (penyaluran) yang berlandaskan teknologi dan suatu lembaga dari arus pesan berkesinambungan serta paling luas yang dimiliki orang-orang dalam masyarakat industri.

5. Freidson

Mengartikan komunikasi massa sebagai jenis komunikasi yang tujukan untuk beberapa populasi dari berbagai kelompok, tidak hanya satu atau dua individu atau sebagaian khusus dari populasi.

6. Joseph R. Dominick

Berpendapat bahwa komunikasi massa merupakan proses suatu organisasi yang kompleks dengan dibantu beberapa mesin memproduksi dan mendistribusi pesan untuk khalayak yang besar dan heterogen serta tersebar.

7. Jay black dan Freederick C

Mengemukakan komunikasi massa adalah proses produksi pesan secara massal dan disebarkan kepada massa dalam cakupan penerimaan yang luas, anonim dan heterogen.

8. William R. Rivers dkk

Mengartikan komunikasi massa dalam dua cara,
1. Komunikasi oleh media
2. Komunikasi untuk massa

Komunikasi massa bukan berarti komunikasi untuk semua orang. Kenyataannya, media relatif memilih khalayak dan khalayak juga memelih media.

9. Mulyana

Menurutnya, komunikasi massa merupkan komunikasi yang menggunakan media, baik cetak maupun digital yang diatur oleh lembaga dan ditujukan kepada sebagian besar orang yang tersebat di banyak daerah, anonim dan heterogen.

10. Bernard Barelson dan Gary A.

Kedua ahli tersebut mengartikan komunikasi massa sebagai perpindahan informasi, emosi, gagasan dan keterampilan dengan menggunakan simbol, gambar, kata, grafik, figur dan sebagainya.

11. Raymon S. Ross

Pengertian komunikasi massa adalah proses memilih dan mengirim simbol sehingga membantu masyarakat membangitkan maka dari pikirannya yang serupa dengan makna yang diinginkan atau dimaksud komunikator.

12. Shannon dan Waever

Komunikasi massa merupakan interaksi saling mempengaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak sengaja. Komunikasi massa tidak terbatas pada bahasa verbal, namun juga dalam ekspresi wajah, lukisan, teknologi dan seni.

13. Meletzke

Mengatakan bahwa komunikasi massa adalah bentuk komunikasi yang menyampaikan suatu penyataan secara terbuka lewat media penyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah kepada masyarakat umum yang tersebut.

14. Josep A. Devito

Mengartikan komunikasi massa dalam dua definisi.

1. Komunikasi massa merupakan sebuah komunikasi yang ditujukan kepada massa, kepada khalayak ramai yang sangat banyak. Tetapi cakupan dari khalayak ramai tidak mudah dedefinisikan.
2. Komunikasi massa adalah bentuk komunikasi yang disalurkan oleh pemancar audio dan visual atau gabungan dari keduanya. Komunikasi massa relatif mudah diartikan jika dilihat dari bentuknya, seperi TV, radio, majalah, surat kabar, buku dll.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts