aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

9+ Jenis Kebutuhan Hidup Manusia

9+ Jenis Kebutuhan Hidup Manusia

Kebutuhan hidup manusia merupakan sebuah istilah untuk menggambarkan berbagai macam benda untuk memenuhi manusia agar hidupnya dapat tejaga.

Dalam pengertiannya kebutuhan merupakan kata imbuhan yang berasal dari kata butuh, yang memiliki arti perlu, memerlukan. Lengkapnya kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi untuk mempertahankan hidup.

Berikut jenis-jenis kebutuhan manusia yang dapat diklasifikasikan sebegai berikut.

A. Kebutuhan Berdasarkan Tingkat Intensitasnya

  • Kebutuhan Primer, yaitu kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi manusia agar dapat hidup yang layak. Contoh : makanan, pakaian, dan rumah/tempat tinggal
  • Kebutuhan Sekunder, yaitu kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Contoh : Peralatan rumah tangga seperti, tempat tidur, kursi, televisi, meja, komputer, motor, dll.
  • Kebutuhan Tersier, yaitu kebutuhan dapat dipenuhi jika kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi. Contoh : mobil mewah, perhiasan mahal, dan barang-barang mewah lainnya
B. Kebutuhan Berdasarkan Sifat
  • Kebutuhan Jasmani, yaitu kebutuhan yang diperlukan manusia untuk memelihara fisik atau jasmani. Contoh : istirahat, olahraga, obat-obatan, makanan, minuman
  • Kebutuhan Rohani, yaitu kebutuhan yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan jiwa dan batin. Contoh : beribadah, hiburan, rekreasi, dan membaca buku.
C. Kebutuhan Berdasarkan Waktu
  • Kebutuhan Sekarang, yaitu kebutuhan yang pemenuhannya tidak dapat ditunda-tunda. Contoh : makanan, obat.
  • Kebutuhan yang akan datang, yaitu kebutuhan yang pemenuhannya dapat di tunda, namun dapat dipersiapkan dari sekarang. Contoh : tabungan, asuransi, dana pendidikan.
D. Kebutuhan berdasarkan subjek
  • Kebutuhan Individual, yaitu kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan oleh perorangan atau individu. Kebutuhan tergantung kepada individu. Contoh : makan, minum, montor, mobil.
  • Kebutuhan Kelompok, yaitu kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan secara bersama-sama. Contoh : jalan, pasar, rumah sakit, jembatan, angkutan umum, sekolah.

Itu tadi merupakan penjelasan dan beberapa klasifikasi kebutuhan yang ada dalam manusia. 
sekian semoga bermanfaat!
DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperbaharui blog mingseli.id agar lebih baik. Terima kasih.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar