aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

9 Ciri-ciri Harddisk yang Rusak


Harddisk merupakan salah satu perangkat keras (hardware) yang ada pada komputer untuk menunjang kegiatan program komputer yang berguna sebagai alat penyimpan file. Bisa dikatakan harddisk adalah media penyimpan pada komputer.

Bagi kamu pengguna Windows pasti sudah tidak asing dengan drive C, D dan E yang merupakan media penyimpanan pada komputer atau PC di Windows.

Harddisk ini mempunyai sifat non-volatile, merupakan jenis memori yang datanya tidak hilang meskipun perangkatnya dalam kondisi yang tidak aktif.

Perangkat komputer tidak selamanya bisa digunakan dan akan mengalami penurunan kualitas dari waktu ke waktu. Ada kalanya harddisk rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Untuk mengantisipasi harddisk tidak bisa digunakan dan guna menyelamatkan data-data penting Anda, mari kita kenali ciri-ciri harddisk yang rusak.

Lakukan pencegahan agar tidak menyesal dikemudian hari.

Berikut adalah ciri-ciri harddisk yang rusak:

1. Performa komputer menurun

Ketika kamu menjalankan program-program komputer dan lambatnya tidak seperti biasanya bisa jadi harddisk dalam kondisi yang tidak baik. Tetapi jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa harddisk Anda rusak. Simak ciri-ciri berikutnya.

2. Harddisk tidak terbaca

Selanjutnya adalah harddisk tidak terbaca ketika menjalan komputer. Kamu bisa melakukan restart pada laptop untuk memastikan bahwa data tidak hilang. Tetapi ketika sudah di restart dan data pada laptop tetap hilang besar kemingkinan harddisk mengalami kerusakan.

3. Harddisk cepat panas

Ciri-ciri yang ketiga adalah hardisk cepat panas meskipun dalam penggunaan yang wajar. Hal tesebut mungkin terjadi karena laptop terlalu sering overheat sehingga menyebabkan umur harddisk menjadi berkurang

4. Hang ketika komputer sedang booting

Terjadi stuck pada saat menyalakan laptop bisa jadi indikasi harddisk mengalami kerusakan. Kamu bisa mencoba mencopot dan memasang kembali harddisk pada komputer dan menyalakan lagi. Apabila masih seperti itu besar kemungkinan harddisk mengalami kerusakan.

5. Terdapat blue screen

Blue screen bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor salah satunya adalah kondisi harddisk yang rusak. Selain itu, kondisi blue screen bisa juga disebabkan oleh virus maupun program komputer yang tidak lengkap. Pastikan kamu sudah mengecek dengan baik.

6. Terdapat bunyi aneh pada harddisk

Muncul bunyi aneh ini disebabkan oleh piringan pada saat proses membaca data harddiks. Jika suaranya tidak biasa dan lebih keras dari biasanya kemungkinan harddisk mengalami kerusakan, hal tersebut bisa mengakibatkan kinerja harddisk yang tidak maksimal.

7. Terdapat file yang rusak

Terdapat file yang rusak pada penyimpanan mengindikasikan harddisk tidak berfungsi dengan baik. Data-data tersebut tidak bisa terbaca oleh komputer.

8. Tiba-tiba file hilang

Data pada komputer tiba-tiba hilang manandakan proses komputer pada saat membaca harddisk mengalami masalah. Jika komputer dalam kondisi normal dan tidak terdapat riwayat masalah dan data pada harddisk hilang bisa jadi harddisk mengalami kerusakan.

9. Komputer tidak dapat membaca atau meng copy harddisk

Harddisj yang berada dalam kondisi tidak baik akan sulit dibaca oleh komputer. Masalah lain pada file yang bisa terbaca adalah tidak bisa di copy ke perangkat atau media penyimpanan yang lain. Jika sudah mengalami ciri-ciri diatas segara lakukan langkah mengamankan data-data pada harddisk.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts