aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Terlengkap

Sejarah, Waktu, Ahli
Pelajaran sejarah sudah bisa kita temui sejak duduk di bangku sekolah sasar sampai sekolah senengah pertama atau bahkan di jenjang universitas jika mengambil jurusan sejarah. Banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil ketika belajar sejarah.

Roeslan Abdul Gani mengemukakan bahwa ilmu sejarah diirbaratkan sebagai penglihatan terhadap 3 dimensi, yaitu penglihatan di masa lampau, penglihatan di masa sekarang dan penglihatan di masa depan.

Study history  is to study the past to build the future
~Arnold J. Toynbee

Arti kutipan dari Arnold J. Toynbee tersebut adalah belajar sejarah adalah belajar masa lalu untuk membangun masa depan.

Peristiwa-peristiwa masa lalu itu dapat kita ambil hal-hal yang baik dan hal-hal yang buruk kita buang. Supaya, langkah kita kedepan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Sebelum membahas terlalu panjang mengenai esensi dari sejarah yang bisa luas penjabarannya, lebih baik kita mengetahui dulu arti dari kata sejarah itu sendiri.

Pengerian sejarah menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Kuntowijoyo

Pengertian sejarah menurut Kuntowijoyo adalah hal-hal yang menyajikan fakta secara diakronis, ideografis, unik dan empiris.
  • Diakronis berarti berhubungan dengan waktu
  • Ideografis berarti menggambarkan dan menceritakan sesuatu
  • Unik berarti hasil penelitian tentang hal unik
  • Empiris berarti bersandar pada pengalaman yang nyata

2. Moh Yamin

Pengertian sejarah menurut Moh Yamin adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan kenyataan.

3. Sartono Kartodirjo

Pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirjo dibagi menjadi 2, yaitu:
  • Obejektif, berarti sejarah hanya terjadi satu kali saja dan tidak dapat diulangi
  • Subjektif, berarti sejarah adalah konstruksi yang disusun oleh penulis sebagai suatau rangkaian kisah.

4. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian sejarah menurut KBBI adalah kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau.

5. Wikipedia

Pengertian sejarah menurut Wikipedia adalah suatu kajian tentang masa lampau, khusunya bagaimana kaitannya dengan manusia.

6. Robin Winks

Pengertian sejarah menurut Robin Winks adalah sebuah studi tentang manusia kaitannya dengan kehidupan bermasyarakat.

7. Taufik Abdullah

Pengertian sejarah menurut Taufik Abdullah adalah suatu tindakan manusia dalam jangka waktu tertentu di masa lalu yang dilakukan di suatu wilayah tertentu.

8. Herodotus

Penegertian sejarah menurut Herodotus adalah suatu kajian untuk menceritakan perputaran jatuh bangunna seseorang maupun peradaban.

9. Aristoteles

Pengertian sejarah menurut Aristoteles adalah suatu sistem yang meneliri suatau kejadian sejak awal yang tersusun dalam bentuk kronologi.

10. Ibnu Khaldun

Pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun adalah catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban yang terjadi pada sifat masyarakat tersebut.
Related Posts

Related Posts