aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

27 Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli Terlengkap

Komnas Ham, Hak Asasi Manusia, Pengertian HAM
Istilah HAM (Hak Asasi Manusia) sudah tidak asing lagi bagi kita. Banyak media-media sering menyebutkan istilah HAM, entah topik mengenai pelanggaran HAM maupun upaya penegakan HAM.

Sementara itu, banyak diantara kita yang masih bingung mengenai definisi Hak Asasi Manusia itu sendiri.

Berikut adalah pengertian Hak Asasi Manusia menurut para ahli:

1. John Lock

Pengertian hak asasi manusia menurut John Lock adalah hak yang diberikan langsung oleh Tuhan sebagai hal yang kodrati.

2. Miriam Budiarjo

Definisi hak asasi manusia menurut Miriam Budiarjo adalah hak manusia yang diperoleh dan dibawa bersama dengan kehadirannya di dalam masyarakat.

3. Jan Materson (Komisi HAM PBB)

Hak asasi manusia menurut Jan Materson adalah hak-hak yang ada pada setiap manusia yang tanpanya mustahil dapat hidup di dunia.

4. Koentjoro Poerbo Pranoto

Hak asasi manusia menurut Koentjoro Poerbo Pranoto adalah hak yang sifatnya asasi, artinya hak yang dimiliki manusia menurut kodrat yang tidak dapat dipisahkan dari hakikatnya sehingga bersifat suci.

5. C. de Rover

C. de Rover menjelaskan bahwa hak asasi manusia adalah hak hukum yang sama kepada setiap manusia baik miskin maupun kaya, laki-laki atau perempuan. Meskipun hak-hak tersebut dilanggar akan tetapi hak asasi manusia tidak dapat dihilangkan. HAM adalah hukum yang semestinya dilindungi oleh aturan nasional agar semuanya terpenuhi sehingga hak asasi manusia dapat ditegakkan, dijunjung tinggi serta dilindungi.

6. Donnely

Donnely menyebutkan bahwa hak asasi manusia adalah hak yang muncul bersamaan ketika manusia dilahirkan. Terdapat beberapa pengertian yang pendekatannya yuridis. Kuatnya penekanan perspektif bahwa hak asasi manusia melibatkan relasi individu dengan kelompok, perseorangan dengan masyarakat atau warga negara-negara.

7. Louis Henkin

Hak asasi manusia menurut Louis Henkin diartikan sebagai kebebasan-kebebasan (Liberties), kekebalan-kekebalan (Immunities), kepentingan-kepentingan atau keuntungan-keuntungan (Benefits) yang berdasarkan norma-norma hukum yang ada seyogyanya dapat diklaim (should be able to claim) sebagai hak oleh individu atau kelompok kepada masyarakat dimana dia tinggal.

8. Osita Eze

Hak asasi manusia merupakan tuntunan atau klaim yang dilakukan oleh individu atau kelompok kepada masyarakat atau negara, yang sebagianya telah dilindungi dan dijamin oleh hukum, dan sebagiannya lagi masih menjadi aspirasi atau harapan di masa depan. Osita eze memberikan tekanan pada realitas bahwa hak-hak dasar tersebut belum sepenuhnya dilindungi oleh negara.

9. A.J.M. Milne

Hak asasi manusia menurut A.J.M. Milne adalah hak yang dimiliki oleh semua umat manusia di segala masa dan di segala tempat kerena keutamaan keberadaanya sebagai manusia.

10. Peter R. Baehr

Hak asasi manusia menurut Peter R. Baehr Adalah hak dasar yang bersifat mutlak dan harus dimiliki oleh setiap manusia yang berguna untuk perkembangan hidupnya.

11. Komnas HAM

Komnas HAM menjelaskan bahwa hak asasi manusia mencakup segala bidang kehidupan manusia baik ekonomi, sosial, politik, budaya dan sipil. Kelima komponen tersebut tidak dapat dipisahkan dan saling berkaitan satu sama lain. Hak asasi manasia tidak mendukung individualisme, melainkan membendung dengan melindungi individu, golongan maupun kelompok. Hak asasi manusia merupakan tanda solidaritas yang nyata sebuah bangsa dengan warganya yang lemah.

12. UU No. 39 Tahun 1999

Menurut UU No. 39 Tahun 1999 Hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikta keberadaan manusia sebagai makhluk TuhanYang Maha Esa. Hak tersebut merupakan anugerah yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

13. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Hak asasi manusia adalah hak yang dilingdungi secara internasional (Declaration of Human Rights), seperti hak untuk hidup, hak untuk memiliki dan hak untuk mengeluarkan pendapat.

14. Wikipedia

Hak asasi manusia adalah hak-hak yang telah dipunyai seseorang sejak mereka dalam kandungan.

15. Mahfudz M.D

Pengertian hak asasi manusia menurut Mahfudz M.D adalah hak yang sudah melekat pada martabat setiap manusia dan hak tersebut sudah dibawa sejak lahir kedunia dan pada hakikatnya hak tersebut bersifat kodrati.

16. Profesor Darfi Darmodiharjo

Hak asasi manusia adalah hak dasar atau pokok yang dibawa manusia sejak lahir sebagai anugerah dari Tuhan dan menjadi dasar dari hak-hak dan kewajiban-kewajiban yang lain.

17. Profesor Padmo Wahyono

Hak asasi manusia adalah hak yang memungkinkan seseoarang hidup berdasarkan harkat dan martabat tertentu.

18. Franz Magnis Suseno

Hak asasi manusia adalah hak yang sudah dipunyai manusia bukan karena ia memperolehnya dari masyarakat dan juga bukan karena hukum positif yang berlaku. Tetapi diperoleh atas martabatnya sebagai manusia.

19. Kevin Boyle dan David Beetham

Hak asasi manusia adalah hak-hak individual dan berasal dari kebutuhan serta kapasitas-kapasitas manusia

20. Harr Tilar

Hak asasi manusia menurut Harr Tillar adalah hak yang melekat pada diri setiap individu, apabila setiap individu tidak memiliki hak-hak itu maka tidak akan bisa hidup seperti manusia. Hak tersebut didapatkan sejak lahir di dunia.

21. Karel Vasak

Karel Vasak menjelaskan bahwa hak asasi manusia di klasifikasikan dari 3 generasi yang terinspirasi oleh 3 tema pada Revolusi Perancis, yaitu:
Generasi pertama: Hak politik dan sipil (Liberte)
Genereasi kedua: Hak sosial, ekonomi dan budaya (Egalite)
Generasi ketiga: Hak solidaritas (Fraternite)
Tiga generasi tersebut perlu dipahami sebagai satu kesatuan, saling melengkapi dan saling berkaitan, Karel Vasak memakai istilah "generasi" untuk menunjuk pada ruang lingkup dan substansi hak-hak yang diprioritaskan pada kurun waktu tertentu.

22. Shaw

Pengertian hak asasi manusia menurut Shaw adalah wacana publik masyarakat global dimasa damai itu dapat dikatakan memiliki bahasa moral yang umum. Meskipun demikian, klaim yang kuat itu dibuat oleh adanya doktrin hak asasi manusia agar dapat terus memunculkan sikap pedebatan dan skeptis tentang sifat, isi dan pembenaran HAM sampai berada di zaman sekarang  ini.

23. Austin-Ranney

Pengertian hak asasi manusia menurut Austin-Ranney adalah ruang kebebasan bagi setiap individu yang dirumuskan dengan rinci dan jelas dalam konstitusi serta sudah dijamin pelaksanaanya oleh pemerintah.

24. Muladi

Pengertian hak asasi manusia menurut Muladi adalah segala hak pokok atau dasar yang telah melekat pada diri manusia dalam kehidupannya.

25. Leah Kevin

Pengertian hak asasi manusia menurut Leah Kevin adalah Hak asasi manusia mempunyai dua makna dasar. Pertama, hak-hak hakiki dan dan tidak terpisahkan menjadi hak seseorang hanya karena ia merupakan manusia. Hak-hak itu merupakan hak-hak moral yang berasal dari keberadaannya sebagai manusia dan setiap umat manusia. Kedua, hak-hak asasi manusia adalah hak hukum, baik secara nasional maupun internasional.

26. G. J. Wolhos

Pengertian hak asasi manusia menurut G.J. Wolhos adalah hak yang sudah melekat serta mengakar dalam diri setiap manusia yang ada di dunia dan hak tersebut tidak boleh dihilangkan. Karena menghilangkan hak asasi manusia sama saja menghilangkan derajat manusia.

27. Oemar Seno Adji

Pengertian hak asasi manusia menurut Oemar Seno Adji adalah hak yang melekat pada setiap martabat manusia sebagai insan cipataan Tuhan yang memiliki sifat tidak boleh dilanggar oleh siapapun.

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts