aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Peran Koperasi dan Perangkat Organisasi Koperasi

MEMAHAMI PERAN KOPERASI DAN PERANGKAT ORGANISASI KOPERASI


Kali ini kita akan membahas tentang Peran dan Perangkan Organisasi. Sebelumnya tidak ada salahnya kalau kita bahas dulu Apasih Pengertian Koperasi?

Kata koperasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu Co berarti bersama dan Operation berarti usaha. Berarti koperasi adalah melakukan usaha secara bersama-sama

Yuk Langsung saja kita bahas dulu apasih Peran Koperasi 


1.    PERAN KOPERASI
   
Dalam pasal 33 ayat 1 undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, ditegaskan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Koperasi dapat mendapat misi berperan nyata dalam menyusun perekonomian yang berdasar atas asas ekeluargaan dan demokrasi ekonomi yang mengutamakan kemakmuran masyarakat bukan perorangan.

Pasal 4 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 992 Tentang Perkoperasian yang menyebutkan fungsi dan peran koperasi sebagai berikut :

1. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosisalnya

2. Berperan serta aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat

3. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai sokogurunya.

4. Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi
Berikut Kita Bahas Perangkat Organisasi Koprasi

     2.    PERANGKAT ORGANISASI KOPERASI
             Struktur organisasi koperasi dapat dibentuk dari segi internal dan eksternal organisasi 
  •     Struktur Internal Organisasi Koperasi
             Struktur eksternal organisasi koperasi berhubungan dengan penggabungan koperasi sejenis pada suatu wilayah tertentu. Ada koperasi induk, koperasi gabungan, koperasi gabungan, koperasi pusat, dan koperasi primer. 

a. Koperasi induk adalah gabungan dari sedikitnya 3 koprasi gabungan yang bekedudukan di ibukota negara.

b. Koperasi gabungan adalah gabungan dari sedikitnya 3 koperasi pusat dan berkedudukan dan bekedudukan di ibukota provinsi.

c. Koperasi pusat adalah gabungan dari paling sedikit 5 koperasi primer dan berkedudukan di ibukota kabupaten.

d. Koperasi primer adalah koperasi yang merupakan perkumpulan dari sedikitnya 20 orang yang bergabung dengan tujuan yang sama. Koperasi primer mempunyai wilayah kerja di tingkat kecamatan atau desa atau dalam lembaga pemerintah dan sekolah-sekolah.

Peran koprasi dan perangkat organisasi, koprasi perangkat organisasi Internal


  • Struktur Eksternal Organisasi Koperasi


Peran koprasi dan perangkat organisasi, koprasi perangkat organisasi eksternal

Perangkat organisasi koperasi adalah rapat anggota, pengurus, pengawas, dan pengelola. Di antara rapat anggota, pengurus, dan pengelola terjalin hubungan perintah dan tanggung jawab.


Anggota koprasi adalah setiap orang yang terdaftar sebagai peserta pemilik koperasi sesuai dengan persyaratan dalam anggaran dasar. 

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts