aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Ternyata, Inilah Dampak Mengkonsumsi Obat Kadaluwarsa

Obat, Pil, Kapsul, Kadaluwarsa
Mungkin beberapa sobat diantara kalian ada yang pernah mengkonsumsi obat kadaluwarsa entah itu disengaja atau tidak atau bahkan mungkin tidak tau tanggal kadaluwarsa itu.

Pada artikel kali ini sedikit bisa memberi penjelasan bagi sobat yang sedang bingung mencari informasi tentang obat kadaluwarsa bahaya atau tidak.


Tanggal kadaluwarsa (Expired Date) adalah tanggal terakhir suatu obat dalam masa yang aman dan dijamin berfungsi optimal oleh produsen obat, tanggal tersebut biasanya terdapat pada bagian bungkus obat, pada obat dalam kemasan botol kaca biasanya terdapat pada tutupnya.


Baca Juga : 18 Ciri-Ciri Obat yang Tidak Layak Dikonsumsi


Tanggal kadaluwarsa yang terdapat pada obat merupakan batas kira-kira obat itu masih efektif untuk digunakan, bukan berarti jika sudah melewati tanggal kadaluwarsa zat yang terkandung dalam obat menjadi berbahaya atau beracun.


Tanggal kadaluwarsa hanya berdasarkan penelitian dari produsen obat untuk mengetahui berapa lama obat tersebut ampuh dan efektif untuk digunakan, kebanyakan sekitar 3 tahun sejak awal produksi.


Namun, ada beberapa obat yang masih stabil kandungan zatnya seperti golongan Amoxicillin, Ciprofloxacin, Diphenhydramine, dan Morfin sulfat dalam bentuk injeksi.


Jadi, jika sobat sudah terlanjur mengkonsumsi obat yang kadaluwarsa tidak akan berakibat fatal pada kesehatan, dengan catatan obat tersebut tidak terlalu lama melewati tanggal kadaluwarsa seperti satu atau bahkan dua tahun.


Oleh karena itu jika membeli obat sebaiknya dilihat tanggal kadaluwarsanya terlebih dahulu.


Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts