aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Jenis-Jenis Devisa yang Perlu Diketahui

Jenis-Jenis Devisa yang ada di berbagai negara

Devisa merupakan harta kepemilikan dari suatu negara yang berasal dari luar negara atau luar negeri.

Devisa sendiri dapat berupaka uang, surat berhaga, emas, ataupun lainnya yang tentunya dapat dijadikan cadangan kas suatu negara.

Ada beragam jenis-jenis devisa yang ada di beberapa negara. Berikut ini jenis-jenis devisa yang perlu diketahui.

Valuta asing

Valuta asing atau valas merupakan salah satu jenis devisa yang paling umum dikenal. Valas sendiri terdiri dari beragam jenis mata uang yang dipakai untuk transaksi. 

Jika suatu negara yang memiliki devisa berupa valas, maka akan lebih mudah melakukan transaksi ke luar negeri.

Adanya valas juga salah satu faktor yang mengakibatkan perubahan kurs. Jika makin banyak mata uang luar negeri yang dimiliki oleh suatu negara, maka kurs negara tersebut akan semakin lemah.

Emas

Jenis barang berharga yang tidak dapat tergantikan salah satunya adalah emas. Karena sebagian negara penganut kapitalis ekonomi klasik masih mengukur kekayaan negaranya dari emas.

Jika jumlah emas dalam suatu negara semakin banyak, maka semakin aman keadaan perekonomian suatu negara dan tidak perlu melakukan pinjaman ke luar negeri.

Cable Order

Sistem pembayaran dapat dilakukan secara langsung ataupun memakai alat bantu. Salah satu alat bantu yang dapat digunakan untuk transaksi luar negeri adalah cable order. 

Cable order merupakan cek yang dipakai untuk mengirim uang keluar negeri dengan alat yang dimiliki oleh bank, misal faximail. 

Tak hanya penambah devisa, transaksi cable order juga busa mengurangi cadangan devisa negara.

Traveller Cheque (Cek Warga Asing)

Kemudian, jenis devisa yang tak kalah kuatnya untuk suatu negara yaitu cek yang dibawa para touris. 

Para turis mancanegara yang liburan kedalam negeri umumnya ada yang membawa cek untuk ditukarkan dengan mata uang negara yang dikunjungi.

Dengan melalui cek perjalanan tersebut yang nantinya dapat menjadi sumber penambah cadangan devisa negara.

Devisa Kredit

Devisa kredit merupakan devisa yang diperoleh dari dokumen transaksi kredit, baik itu pemasukkan atau pengeluaran suatu negara. 

Pemasukkan akan didapat jika suatu negara sebagai pihak yang memberikan pinjaman luar negeri.

Devisa Umum

Asal sumber dari devisa sangatlah beragam, tak hanya dari sumber kredit, ada juga dari sumber transaksi lain yang masuk dalam jenis sumber devisa umum.

Beragam jenis pendapatan yang berasal dari mana saja asalkan menambah devisa, tergolong dalam jenis devisa umum.

Devisa Negara

Devisa negara merupakan seluruh jenis alat pembayaran internasional yang dipercaya dan dimanfaatkan oleh semua orang di dunia. 

Devisa negara mempunyai jenis yang beragam disesuaikan dengan kebutuhan transaksi yang bersifat individu atau nasional.

Devisa Pelengkap

Devisa pelengkap merupakan devisa yang diperoleh pihak swasta dari suatu transaksi. Transaksi dapat berupa investasi, ekspor, penjual, dan lain-lain. 

Seluruh transaksi keuangan diawasi oleh negara, maka negara mengetahui jumlah uang yang keluar dan masuk dalam sebuah transaksi luar negeri.

Devisa Ekspor

Devisa ekspor merupakan pendapatan negara dari proses transaksi ekspor. Beragam jenis transaksi seperti biaya pajak dan lain-lain akan masuk kas negara sebagai sumber pendapatan negara. 

Devisa ekspor menjadi salah satu sumber devisa sering diandalkan oleh suatu negara yang mempunyai potensi ekspor yang tinggi.

Wesel Luar Negeri

Wesel luar negeri merupakan surat yang menjadi alat untuk memberikan kelonggaran kepada pihak-pihak yang melakukan pembayaran atas transaksi ekspor impor.

Wesel luar negeri penting jika pihak yang mendatangkan barang belum mampu melakukan pembayaran secara kontan. Nantinya, pembayaran yang dilakukan bisa membuat bertambahnya devisa negara.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar