aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

40+ Pengertian Geografi Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Pengertian Geografi, Pengertian Geografi Menurut Para Ahli (Terlengkap)


Istilah geografi sudah ada sejak zaman Yunani Kuno. Secara harfiah geografi adalah deskripsi tentang bumi.

Pengertian geografi secara umum adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai lokasi serta persamaan dan juga perbedaan atas fenomena fisik dan manusia di permukaan bumi.

Pada artikel kali ini akan membahas tentang pengertian geografi menurut para ahli.

Mari kita mulai...

1. Bintarto

Pengertian geografi menurut Bintarto adalah studi yang membahas mengenai hubungan timbal balik antara gejala-gejala yang terdapat di permukaan bumi maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan dan juga regional yang dipakai untuk kepentingan program, proses serta keberhasilan suatu pembangunan.

2. Lobeck

Menjelaskan bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang membahas mengenai hubungan yang ada diantara kehidupan dengan lingkungan fisik.

3. Ferdinand Von Richthofen

Geografi adalah studi yang mempelajari gejala dan sifat-sifat permukaan bumi dan penduduknya disusun menurut letaknya, dan menjelaskan gejala dan sifat tersebut serta hubungan timbal balik yang ada.

4. Paul Claval

Menurutnya geografi adalah ilmu yang berusaha menjelaskan suatu gejala dalam segi hubungan keruangan.

5. Bernhardus Varenius

Mengungkapkan bahwa geografi adalah campuran dari matematika yang membahas mengenai kondisi bumi dan juga bagian-bagiannya dan juga tentang benda langit lain.

6. Reenow, Linda L. (1995)

Menyatakan bahwa geografi merupakan ilmu yang berhubungan dengan letak, baik makhluk hidup maupun makhluk tak hidup yang ada di bumi dan bagaimana saling mempengaruhinya.

7. Immanuel Kant

Berpendapat bahwa ilmu geografi adalah studi yang yang objeknya studinya meliputi benda-benda, hal-hal atau gejala yang tersebar pada wilayah permukaan bumi.

8. Claudius Prolomeus

Pengertian geografi menurut Claudius Prolomeus adalah representasi seluruh dunia dalam gambar yang diketahui bersama dengan fenomena yang ada didalamnya.

9. James E. Preston

Mengartikan geografi sebagai ilmu yang berkaitan dengan interelasi manusia dengan habitatnya dan lebih cenderung pada interelasi antara manusia

10. Frank Debenham

Definisi geografi adalah studi yang menafsirkan fakta, menemukan korelasi antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik dan juga menjelaskan interaksi antara manusia dengan alam.

11. Halford Mackinder

Mendefinisikan geografi sebagai ilmu yang berfungsi menyelidiki interaksi manusia dalam masyarakat dan juga lingkungan yang berbeda menurut lokasinya.

12. W.G. Moore (1981)

Arti geografi adalah studi yang menggambarkan permukaan bumi, baik secara fisik, iklim, vegetasi, tanah, produk, masyarakat dan lain sebagainya yang tersebar.

13. Friedrich Ratzel

Mengemukakan dalam bukunya yang mempunyai judul Politische Geographie bahwa geografi adalah konsep yang dinamakan Lebensraum yang memiliki arti wilayah geografis sebagai tempat hidup bagi manusia.

14. Herioso Setiyono

Menjelaskan bahwa ilmu geografi adalah studi yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dan merujuk pada pola persebaran horizontal di permukaan bumi.

15. Erathostenes

Pengertian geografi menurut Erathostenes merupakan penulisan mengenai bentuk muka bumi.

Geografi sendiri diperkenalkan oleh Erathostenes pada 276-104 SM. Istilah geografi berasal dari bahasa Yunani yaitu, Geo dan Graphien. Geo mempunyai arti bumi dan Graphien diartikan sebagai tulisan.

Sehingga, geografi mempunyai makna keilmuan yang mengupas tentang bentuk muka bumi.

16. Hartshorne

Geografi merupakan studi yang berkepentingan dalam memberikan penjelasan yang diteliti, beraturan dan rasional mengenai sifat variabel dari permukaan bumi.

17. I Made Sandy

Menurutnya geografi merupakan ilmu yang mengemukakan, menemukan dan juga memahami persamaan dan perbedaan yang ada di ruang muka bumi, geografi melihat semuanya dalam kaitannya dengan ruang. Penekanan utama lebih kepada sudut pandang keruangan.

18. Elsworth Huntington

Mengungkapkan bahwa geografi merupakan ilmu pengetahuan yang membahas mengenai fenomena permukaan bumi dan juga penduduk yang menempatinya, dan juga hubungan timbal balik yang terjadi antara gejala dan sifat permukaan bumi dan penduduknya.

19. Paul Vidal de La Blache

Menyatakan bahwa geografi ialah studi yang membahas mengenai proses produksi yang dilakukan oleh manusia terhadap kemungkinan yang ditawarkan oleh alam.

20. Haris

Berpendapat bawah geografi adalah ilmu pengetahuan yang membahas aspek yang ada di permukaan bumi dengan konsep spasial untuk pemanfaatan pembangunan yang ada dipemukaan bumi.

21. Ullman

Mengartikan geografi sebagai interaksi antar ruang yang ada dipermukaan bumi.

22. William Hughes

Definisi geografi adalah suatu ilmu yang tidak hanya nama belaka tetapi mempunyai argumen dan alasan serta sebab akibat.

23. Daldjoeni

Pengertian geografi menurut Daldjoeni adalah suatu ilmu pengetahuan yang membahas mengenai 3 hal pokok.
1. Aspek keruangan
2. Aspek lingkungan
3. Aspek kewilayahan

24. Yeates dan Hagget

Mendefinisikan geografi sebagai studi yang memperhatikan perkembangan rasional dan juga lokasi dari berbagai macam sifat yang ada dipermukaan bumi.

25. Vernor E. Finch dan Glen Trewartha

Arti geografi adalah suatu penjelasan yang menganalisis permukaan bumi dan pandangannya tentang hal yang senantiasa berubah.

26. Basri Mustofa

Mengemukakan bahwa ilmu geografi merupakan studi yang membahas mengenai persamaan dan perbedaan pada fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan lingkungan dalam konteks keruangan.

27. Strabo

Menjelaskan bahwa geografi adalah studi yang sangat berkaitan dengan faktor lokasi, karakteristik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan.

28. John Hanrath

Geografi adalah ilmu pengetahuan yang berupaya untuk menyelidiki persebaran gejala fisik biologis dan antropologis pada ruang di permukaan bumi, karena dampak dan gejala menurut ukuran nilai, motif yang hasilnya bisa dibandingkan.

29. Halim Khan

Menurutnya geografi merupakan suatu lingkungan sosial dan alam yang berupa wilayah untuk melakukan kegiatan, mendeskripsikan, menganalisis dan menikmati tingkah laku manusia bagi kelangsungan hidup.

30. Karl Ritter

Pengertian geografi menurut Karl Ritter adalah suatu studi yang mempelajari bumi sebagai tempat tinggal manusia.

31. John Alexander

Geografi diartikan sebagai ilmu yang berkaitan dengan faktor lokasi yang mempunyai karakteristik serta hubungan antar wilayah secara keseluruhan.

32. Ekblaw dan Mulkerne

Mengungkapkan bahwa geografi merupakan ilmu yang membahas tentang bumi beserta kehidupannya, yang mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang dikonsumsi, pakaian yang digunakan, rumah yang dihuni dan juga tempat rekreasi yang dinikmati.

33. Fielding

Menyatakan bahwa geografi adalah studi tentang lokasi dan juga tatanan fenomena yang terjadi pada dan ada pada permukaan bumi dan proses tersebut menyebabkan terjadinya persebaran fenomena tersebut.

34. Soetanto

Berpendapat bahwa geografi merupakan substansi dari geosfer. Namun, geografi lebih kepada sudut pandang dalam mengkaji geosfer tesebut.

35. Alexander Bain (dalam Bartllett, 1982)

Mengartikan geografi sebagai konsep ruang yang ditempati.

36. James Fairgrive

Definisi geografi adalah ilmu yang mempunyai nilai edukatif, yakni mendidik manusia untuk bisa berpikir kritis dan juga bertanggung jawab mengenai kemajuan dunia.

37. Ikatan Geografi Indonesia

Geografi menurut IGI adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan juga perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan serta kelingkungan dalam konteks keruangan.

38. Barlow

Mendefinisikan geografi sebagai ilmu pengetahuan yang membahas dan mempelajari mengenai proses yang mempunyai hubungan dengan lingkungan.

39. P Huggett dan R. Hartshorne

Arti geografi adalah memberikan deskripsi mengenai yang diteliti, beraturan dan rasional tentang sifat variabel di permukaan bumi.

40. Seminar dan Lokakarya Geografi (1988)

Geografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari perbedaan dan persamaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan, kewilayahan dalam konteks keruangan.

41. UNESCO

Geogarfi dibagai menjadi 3 pengertian,
1. Satu agen sintesis
2. Satu kajian perhubungan ruang
3. Sains dalam penggunaan tanah

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar