aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

9 Teknik Dasar dalam Olahraga Panahan

Teknik Dasar dalam Olahraga Panahan

Teknik yaitu suatu rangkaian cara yang dijadikan pedoman agar gerakan lebih mudah dipraktikkan dan mendapatkan hasil yang sempurna.

Berbagai cabang olahraga pasti memiliki teknik yang dimulai dari tahapan paling mendasar. Seperti halnya dalam olahraga Panahan.

Berikut ini teknik-tenik dasar dalam olahraga Panahan beserta penjelasannya.


Sikap Berdiri (Stand)

Sikap berdiri dalam olahraga panahan ada empat macam , yaitu open stand, square stand, colse stand dan oblique stand. Dari beberapa macam teknik tersebut yang sering digunakan oleh pemanah pemula adalah sikap sejajar atau square stand.

Teknik square stand yaitu posisi kaki terbuka selebar bahu dan sejajar dengan garis tembok. Untuk pemain yang baru belajar teknik dasar memanah, sebaiknya menggunakan sikap square stand selama 1-2 tahun dan jangan beralih ke sikap berdiri lain sebelum menguasai teknik ini.

Memasang Ekor Panah (Nocking)

Teknik dalam memasang ekor panah termasuk teknik kunci atau wajib dalam olahraga panahan, karena jika salah penempatan sedikit bisa fatal.

Mengangkat Lengan Busur (Extend)

Yang harus diperhatikan dalam teknik mengangkat lengan busur adalah lengan pemanah harus rileks. Kemudian, tali ditarik dengan tiga jari yaitu jari telunjuk, jari tengah dan jari manis.

Menarik Tali Busur (Drawing)

Teknik drawing merupakan gerakan menarik tali sampai menyentuh dagu, bibir atau hidung. Kemudian dilanjutkan dengan menjangkarkan tangan penarik tali di dagu.

Menjangkarkan Lengan Penarik (Anchoring)

Yaitu gerakan menjangkarkan tangan pemanah pada bagian dagu. Hal yang wajib diperhatikan yaitu tempat penjangkaran tangan penarik tali harus tetap sama dan kuat menempel di bawah dagu.

Menahan Sikap Panahan (Tighten)

Teknik tighten merupakan teknik menahan sikap panahan beberapa saat setelah anchoring dan sebelum anak panah dilepas.

Membidik (Aining)

Dalam teknik membidik, pemanah harus dituntut untuk fokus dan hanya melihat pada targetnya, sebelum anak panah dilepas dari busurnya.

Melepas Tali/Panah (Release)

Untuk teknik melepas panah yang baik yaitu dengan cara merilekskan jari-jari pemanah.

Menahan Sikap Panahan (After Hold)

Teknik ini merupakan sikap untuk diam beberapa saat setelah anak panah meninggalkan busur. Tujuan teknik ini untuk memudahkan pengontrolan gerak panahan yang dilakukan.


Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar