aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Peristiwa Sumpah Pemuda: Kongres Pemuda I (Pertama)

Peristiwa Sumpah Pemuda: Kongres Pemuda I (Pertama)

Sumpah Pemuda diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 sebagai bentuk ungkapan rasa kebangsaan yang mulai tertanam dalam jiwa para pemuda.

Para pemuda mulai meninggalkan sifat kedaerahannya untuk mewujudkan kemerdekaan bangsa yang dicita-citakan. 

Adanya ikrar sumpah pemuda tidak lepas dengan adanya peristiwa kongres pemuda. Berikut ini penjelasan kongres sumpah pemuda I.


Kongres Pemuda I

Pada tanggal 15 November 1925 beberapa organisasi pemuda daerah mengadakan konferensi. Dalam konferensi tersebut dihadiri organisasi pemuda seperti,

  • Jong Java
  • Jong Sumatranen Bond
  • Jong Ambon
  • Minahasische Studeerenten
  • Sekar Rukun

Konferensi tersebut berhasil membentuk sebuah komite kongres untuk mengadakan kongres pemuda.

Komite Kongres bertugas merancang penyelenggaraan Kongres Pemuda I. Pada akhirnya, pada tanggal 30 April-2 Mei 1926 para pemuda mengadakan Kongres Pemuda I di Jakarta.

Kongres Pemuda I diketuai oleh M. Tabrani dan bertujuan mencapi persatuan pemuda Indonesia.

Selain itu, Kongres Pemuda I juga bertujuan untuk menanamkan semangat kerja sama antarperkumpulan pemuda yang ada di Indonesia untuk mewujudkan persatuan Indonesia.

Pada tanggal 15 Agustus 1926 para pemuda kembali mengadakan konferensi yang dihadiri oleh perwakilan-perwakilan organisasi pemuda.

Konferensi ini memutuskan untuk membentuk sebuah federasi untuk keperluan persatuan Indonesia. Badan tersebut dinamai Jong Indonesia.


Semoga Bermanfaat!


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar