aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Makna Pancasila Dalam Bidang Sosial Budaya

Sampul artikel makna pancasila dalam bidang sosial dan budaya

Suatu negara yang dilihat pertama kali adalah sosial dan budayanya. Sosial dan budaya merupakan bagian dari kehidupan masyarakat di Indonesia. Sosial yang berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat sekitar. Dan budaya yang berarti segala sesuatu yang mengandung cinta dan rasa.

Sosial budaya juga berkaitan erat dengan nilai-nilai pancasila dan menjadi pedoman dalam bersosial dan berbudaya. Pada usia yang dewasa seperti saat ini, ternyata tidak mudah dalam menciptakan sosial budaya dengan ciri khas Indonesia dan berdasarkan pancasila.

Dalam lingkup sosial sekarang lebih ke individualis, dalam lingkup budaya sekarang lebih ke menirukan budaya yang kurang baik. Sosial dan budaya termasuk juga dalam sikap, etika, dan karakter warga negara.

Fenomena tersebut sudah menyimpang dari norma norma kemasyarakatan. Dan tidak hanya terjadi dalam masyarakat saja, namun para petinggi negara yang kurang dalam budaya jujur dan bertanggung jawab atas amanah yang diberikan.

Sosial dan budaya berdasarkan pancasila sangatlah diperlukan, dan harus mulai diciptakan kepada generasi selanjutnya, agar segala sesuatu yang tidak baik, tidak berkembang di negara Indonesia.

Pada pembahasan kali ini akan menggambarkan makna pancasila dalam bidang kehidupan sosial dan budaya bangsa Indonesia. Berikut rangkumannya.

Makna Pancasila Dalam Bidang Sosial dan Budaya


Indonesia adalah negara yang didirikan dengan penuh perjuangan dan hebat dengan adanya Pancasila
UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika. Dimana ketiga pedoman tersebut berperan besar dalam berlangsungnya Negara Kesatuan Republik Indonesia hingga saat ini. Pancasila ditawarkan Soekarno sebagai Philosofische Grondslag (dasar, filsafat, atau jiwa).

Pancasila sebagai dasar negara menyangkut lima prinsip, yaitu kebangsaan Indonesia, internasionalisme (kemanusiaan), mufakat/permusyawaratan, kesejahteraan (keadilan sosial), dan akhirnya ketuhanan.

Sebagai dasar negara tentunya banyak peran yang dapat kita ambil. Sila-sila dalam pancasila mengandung makna yang sangat penting dan akan berdampak besar bagi bangsa indonesia, jika nilai-nilai pancasila dapat diterapkan dalam kehidupan sosial budaya masyarakat indonesia.

Pancasila dalam sosial dan budaya penerapannya dapat melalui hal sederhana, yang dapat ditemukan di kehidupan masyarakat. misalnya dengan menghargai dan menghormati adanya perbedaan agama, menempatkan sesama sebagai makhluk tuhan dengan segala martabat dan hak asasi, menempatkan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi dan golongan, menjunjung tinggi sosial kemasyarakatan, dan sikap hidup tolong menolong, kekeluargaan, dan gotong royong.

Dengan sosial dan budaya yang menerapkan sila dalam pancasila kita bisa mengajarkan warga negara untuk mengenal dan berhubungan baik dengan saudara sebangsa dan setanah air, tidak mudah terprovokasi, siap bela negara, dan ikut serta menjadi Sumber Daya Manusia yang unggul untuk diri sendiri dan untuk Negara Indonesia.

Kesimpulannya Pancasila dan sosial budaya memiliki hubungan yang saling terikat. Dengan bersosial dan berbudaya sama dengan sudah mengamalkan nilai-nilai pancasila. Sebagai warga negara Indonesia kita semua diamanahkan untuk mengamalkan nilai-nilai pancasila tersebut terutama dalam bersosial dan berbudaya.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah lupa akan sejarahnya

Semoga bermanfaat

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar