aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

10+ Ciri-Ciri Power Supply Mengalami Kerusakan

benner artikel ciri power supply mengalami kerusakan

Kerusakan pada komponen-komponen elektronik merupakan hal yang wajar. Hal tersebut dapat dikarenakan penggunaan komputer yang berlebihan dan akan mengakibatkan beberapa kompenennya mengalami penurunan kinerja. Seperti halnya yang terjadi pada power supply kita pada komputer.

Power supply sendiri merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memberi tegangan arus listrik ke perangkat keras komputer lainnya. Seperti namanya, perengkan keras ini tugasnya men-supply arus listrik ke komponen-komponen komputer seperti motherboard, hardisk, VGA addon, Dvd drive, dan lainnya.

Dengan kata lain power supply bisa dianggap sebagai jantung pada komputer kita. Karna fungsi dari power supply pada komputer yang sangat vital.

Karena power supply memiliki peran yang sangat penting dalam komputer, kita sebagai pengguna harus memahami dan mengenali ciri-ciri power supply yang memiliki masalah.

Kenapa begitu? Karna, jika kita tidak mengetahui maka akan berdampak bahaya terhadap buruk pada komponen-komponen yang dialiri oleh power supply ini.

Untuk mengetahui bahwa power supply kita terdiagnosis, berikut ini ciri-ciri power supply kita mengalami kerusakan.

1. Lampu Indikator CPU Tidak Menyala

Ciri pertama yaitu lampu indikator pada CPU tidak menyala, dengan begitu menandakan bahwa akses listrik yang dialiri oleh power supply ke komponen-komponen CPU tidak sampai.

2. Komputer Tidak Menyala Semua

Kondisi ini bisa di bilang terparah. Karna, dimana komputer kalian tidak mau menyala sama sekali dan perangkat hardware pendukung lain seperti audio dan printer juga tidak memiliki tanda-tanda untuk hidup.

3. Komputer Sering Restart Bahkan Mati Sendiri

Pernah ngga sih komputer kalian restart sendiri, bahkan biasanya mati tiba-tiba? mungkin keadaan ini disebabkan oleh tegangan power suppy yang tidak stabil hingga mengakibatkan komponen yang yang dialiri tidak seimbang dan down.

4. Pada Pengaturan Bios Komputer Mengalami Stuck

Ketika kalian menyalakan komputer, kemudian proses hanya berjalan pada bios saja da tidak melanjutkan prosesnya. Bisa kalian cek mungkin hal ini terjadi karena power supply kalian. Karna biasanya kerusakan power supply ringan

5. Socket Pada Port USB Tidak Mampu Bekerja dengan Baik Ketika Digunakan

Ini yang bisanya diabaikan. Karna kerusakan tidak hanya pada komponen dalam saja, namun komponen luar dalam power supply sendiri seperti socket mungkin bisa menjadi penyebabnya.

6. Kinerja pada komputer terasa lambat

Hal ini dikarenakan karna komponen-komponen yang ada pada CPU minim pengaliran listrik yang dikirimkan oleh power supply. Sehingga mengakibatkan peforma pada komputer berkurang.

7. Komputer Dapat Menyala tapi kipas PSU dan CPU tidak berputar

Bisa kalian cek juga kipas yang ada di dalam PSU maupun CPU, jika komputer bisa nyala namun kipas-kipas tidak hidup, bisa jadi power supply kalian mengalami masalah. Karna aliran kipas tergantung juga pada aliran listrik power supply

8. Komputer mati ketika membuka game

Komputer mati karena game tersebut memiliki ukuran besar atau proses yang berat. Oleh karnannya kinerja komputer harus tinggi pula. Hal tersebut yang mengakibatkan power supply harus stabil dalam pengaliran listrik, jika tidak komputer akan turun performa dan alhasil tidak kuat dan mengalami shutdown otomatis.

9. Beberapa aplikasi khususnya program yang berat tidak bisa dibuka seperti biasanya

Sama halnya seperti membuka game, program yang berat juga membutuhkan kinerja yang tinggi. Jika power supply yang rusak pasti akan terjadi eror.

10. Power supply bau gosong dan mengeluarkan asap

Pernah mencium bau gosong pada power supply kalian? Tanda ini yang paling cepat ditemukan bahwa power supply mengalami kerusakan. bahkan jika tambah fatal akan mengeluarkan asap.

Itu tadi, 10 daftar ciri-ciri power supply jika mengalami tanda-tanda kerusakan. Jika kalian mengalami eror ringan yang terjadi karena power supply segeralah bawa ke service karena menghindari kerusakan tambah parah.

Semoga bermanfaat!













Related Posts

Related Posts