aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Mengenal Penemu, Pengertian, Fungsi, dan Macam-macam Jenis RAM Beserta Penemunya

PENEMU, PENGERTIAN, FUNGSI DAN JENIS RAM


pengertian ram, jenis-jenis, serta fungsinya



RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang pertama kali diciptakan oleh seorang penemu yang bernama Robert H. Dennard, ia lahir di Terrell, Texas, AS pada tanggal 5 September 1932. Kemudian hasil dari penemuannya tersebut diproduksi secara besar-besaran oleh pabrik komputer yang berlabelkan Intel pada tahun 1968.

RAM (Random Access Memory) adalah suatu memori tempat penyimpanan data sementara, pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak.
Fungsi RAM itu sendiri adalah mempercepat pemprosesan data pada komputer atau laptop. Semakin besar RAM semakin cepat pula komputer tersebut. RAM bisa mempercepat kinerja dari komputer atau laptop, sebab RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara untuk komputer atau laptop dalam menyimpan data-data yang mudah diambil sehingga dapat mempercepat loading data serta program yang dijalankan.

Ada beberapa macam-macam Jenis-jenis RAM antara lain :
1. DRAM (Dynamic RAM)
    Jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.

2. SDRAM (Sychronous Dynamic RAM)
    SDRAM adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM.

3. DDR RAM (Double Rate Random Access Memory).
    DDR RAM sering disebut juga dengan DDR saja. Jenis memory ini merupakan teknologi lanjutan dari SDRAM. Ada juga kelanjutannya DDR2 (Double Data Rate generation 2 RAM) dan juga DDR3 (Double Data Rate generation 3 RAM), mungkin semakin kesini akan ada generasi barunya.

4. RDRAM (Rambus Dynamic RAM)
    RDRAM adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4.

5. SRAM (Static RAM)
    SRAM adalah jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM & SDRAM.

6. EDO RAM (Extended Data Out RAM)
    adalah jenis memori yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium.

Sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat bagi anda. Saya yakin pasti bermanfaat☺hehe
Related Posts

Related Posts

1 komentar